Reshuffle Kabinet Tidak Pengaruhi Konstelasi Politik, Kata Pengamat

by -2051 Views
Ilustrasi jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Senin, 30 Januari 2023 – 07:00 WIB

VIVA Politik – Kabar reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo belakangan ini, kembali mencuat. Rabu Pon pada 1 Februari 2023, disebut akan dilakukan perombakan tersebut.

Pengamat politik Universitas Diponegoro Semarang Teguh Yuwono menilai langkah “reshuffle” atau perombakan kabinet tidak akan terlalu mempengaruhi konstelasi perpolitikan di Tanah Air.

“Reshuffle’ sekarang ini kan hal biasa ya. Ada atau tidak ‘reshuffle’, tidak mempengaruhi konstelasi politik,” kata Teguh, di Semarang, Minggu, menanggapi isu perombakan kabinet, dikutip dari Antara.

Isu perombakan kabinet belakangan mencuat, terlebih setelah muncul kabar kerenggangan hubungan antara Presiden Joko Widodo dengan Partai NasDem.

Pada pekan lalu, Presiden Jokowi bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Istana Kepresidenan Jakarta meski tidak ada penjelasan mengenai maksud pertemuan tersebut.

Teguh mengatakan perombakan kabinet bisa saja dilakukan Presiden Jokowi dalam waktu dekat untuk menegaskan posisi politiknya, terutama menjelang kontestasi Pemilihan Umum 2024.

“Apakah itu (reshuffle) akan menentukan kehebohan politik, enggak akan. Hanya semakin menegaskan, misalnya si A mendukung A dari partai A. Itu saja saya kira,” kata Wakil Dekan I FISIP Undip tersebut.

Halaman Selanjutnya

Menurut dia, Presiden memang sudah seharusnya menjaga soliditas kabinet yang dipimpinnya dengan berbagai upaya, termasuk merombak kabinet jika memang langkah itu diperlukan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.