AHY dan Sandiaga Uno Masuk Top Cawapres

by -1616 Views
Trust Indonesia

Jumat, 16 Juni 2023 – 21:30 WIB

Jakarta – Badan Survei Trust Indonesia menyimpulkan Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Erick Thohir merupakan figur Cawapres yang dipilih responden. Pasalnya, dalam beberapa skema simulasi (top of mind/ elektabilitas terbuka), AHY dan Sandiaga Uno berada di peringkat teratas Cawapres yang memiliki elektabilitas (tingkat penerimaan) tinggi. Sementara Erick Thohir masuk dalam 10 peringkat besar. 

“Dalam top of mind survei Trust Indonesia yang dirilis Februari lalu. AHY dan Sandiaga Uno masing-masing memiliki elektabilitas sebesar 8,5 persen,” kata Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal, pada Jumat, 16 Juni 2023. 

“Sementara Erick Thohir ada di peringkat ketujuh, dengan elektabilitas sebesar 3,5 persen,” tambahnya. 

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Photo :

  • Twitter AHY @AgusYudhoyono

Survei nasional yang digelar pada 28 Januari – 6 Februari 2023 lalu, melibatkan 2.200 responden dengan tingkat kesalahan sebesar 2,09 persen. Survei tersebut ikut memotret pilihan Cawapres dalam berbagai skema dan simulasi. 

Dalam simulasi 13 nama Cawapres (Elektabilitas Tertutup), Sandiaga juga berhasil mendapat elektabilitas tinggi sebesar 6,4 persen. Kemudian diikuti AHY yang memiliki elektabilitas 6,1 persen dan Erick Thohir yang hanya mendapat elektabiltas 3,9 persen. 

Hasil sejumlah sigi lembaga survei terbaru juga menunjukkan formasi figur Cawapres ini juga tidak berbeda dengan temuan survei Trust Indonesia. AHY, Sandi dan Erick menjadi sosok yang dianggap paling layak menjadi figur Cawapres. 

Halaman Selanjutnya

Meski demikian, tetap ada nama-nama lain seperti Ridwan Kamil, Mahfud MD dan Tri Rismaharini, yang ikut muncul sebagai Cawapres potensial. Namun, ketiga nama tadi belum atau tidak diusung secara resmi oleh partai politik untuk menjadi pasangan Cawapres. 

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.