Alasan Krusial Mahfud MD Tak Cocok Jadi Cawapres Anies Baswedan

by -722 Views
Mahfud MD RDP dengan Komisi III Terkait 394 Triliun

Selasa, 18 April 2023 – 16:07 WIB

VIVA Politik – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD masuk dalam bursa cawapres pendamping Anies Baswedan. Nama Mahfud kabarnya juga sudah digodok partai politik pendukung Anies di Koalisi Perubahan

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga menganalisa kalau merujuk
kriteria Jusuf Kalla, maka Mahfud belum masuk kriteria jadi cawapres Anies.

“Kriteria pertama, harus dapat membantu meningkatkan elektabilitas Anies. Untuk kriteria ini, Mahfud tentu belum memenuhi syarat,” kata Jamiluddin, dalam keterangannya, Selasa, 18 April 2023.

Dia menyampaikan suka tidak suka, elektabilitas Mahfud hingga saat ini sangat rendah. Bahkan jika dibandingkan dengan figur cawapres potensial lain seperti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga masih kalah.

“Karena itu, elektabilitas Anies tidak akan terdongkrak bila didampingi Mahfud. Hal itu akan membuat peluang Anies menang menjadi kecil,” jelas Jamiluddin.

Pun, dia menambahkan sosok pendamping Anies mesti dapat bekerja sama. Ia tak menampik jika dilihat dari kapasitasnya, Mahfud sangat mumpuni di bidangnya. Hal yang sama juga ada pada diri Anies.

Halaman Selanjutnya

Bagi dia, jika dua sosok yang punya kapasitas sama, kemungkinan bisa bekerja sama relatif kecil. 

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.