Tekan Risiko Kecelakaan, DPR Apresiasi Program Angkut Motor Gratis PT KAI

by -1311 Views
Anggota Komisi VI DPR RI, Intan Fauzi

Jumat, 7 April 2023 – 02:00 WIB

VIVA Politik – Anggota Komisi VI DPR RI, Intan Fauzi mengatakan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023 menjadi momentum peluang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab, kata dia, akan terjadi perputaran uang yang masif imbas dari mudiknya masyarakat ke kampung halaman.

“Kalau Kemenhub, tentu melibatkan Korlantas dan Kementerian PUPR karena jalan tol di Komisi V. Kami di Komisi VI, sudah melakukan RDP dengan para BUMN antara lain Pertamina,” kata Intan di Gedung DPR pada Kamis, 6 April 2023.

Ilustrasi mudik lebaran

Untuk BUMN, kata dia, transportasi mulai dari kereta, kereta api Indonesia, udara PT. Garuda Indonesia dan anak perusahaannya Citilink. Lalu, untuk laut ada ASDP, penyeberangan dan Pelni. “Selain itu, untuk darat ada Damri,” ujarnya.

Menurut dia, transportasi kereta api mengadakan program motis (motor gratis), menempatkan gerbong khusus untuk motor di kereta demi meminimalisir angka kecelakaan. Tentu, hal tersebut patut diapresiasi sebagai langkah mitigasi.

“Jadi, kereta api itu menyiapkan gerbong yang bersama, MOTIS (motor gratis). Jadi menempatkan motor di rangkaian yang sama dengan penumpang kereta api. Jadi menurut saya, itu satu pilihan yang sangat baik. Artinya, ini bicara mitigasi resiko,” jelas Ketua Umum PUAN ini.

Bukan cuma itu, kata Intan, KAI juga menyiapkan makan, minum gratis secukupnya. Karena masih di bulan Ramadan, penambahan kapasitas gerbong dan sebagainya. Jadi, transportasi kesiapannya itu sudah ada tapi yang terpenting adalah implementasi pada saat nanti di lapangan.

Halaman Selanjutnya

“Kita berharap bahwa implementasi saat hari H, harus mudik maupun arus balik. Kalau bicara mulai mungkin dari H-4 dan H+4. Ini yang betul-betul harus dilaksanakan,” ungkapnya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.