Survei SMRC Nilai Ganjar Berpeluang Naikan Elektabilitas Ketimbang Prabowo

by -808 Views
Menhan Prabowo Subianto (tengah) bersama Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi.

Rabu, 19 April 2023 – 01:00 WIB

VIVA Politik – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dinilai punya peluang lebih besar meningkatkan elektabilitasnya daripada tokoh lain, termasuk Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, dan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Ruang untuk Ganjar menaikkan elektabilitas masih cukup besar karena tingkat popularitas atau kedikenalannya masih lebih rendah dibanding Prabowo dan Anies. Ada peluang bagi Ganjar untuk meningkatkan elektabilitas seiring dengan semakin luas awareness publik. Ini berbeda dengan Prabowo yang sudah dikenal hampir semua warga,” kata peneliti SMRC (Saiful Mujani Research and Consulting), Saidiman Ahmad kepada wartawan, Selasa 18 April 2023.

Walau elektabilitas Ganjar sempat merosot pasca Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U20, dirinya berpendapat kalau penurunan itu cuma bersifat sementara. Dia yakin masih ada ruang cukup besar bagi Ganjar meningkatkan elektabilitasnya, terutama seiring semakin luasnya awareness publik terhadap dirinya.

Hal ini dinilai berbeda dengan Prabowo yang tah dikenal hampir oleh semua warga. Saidiman pun merasa peluang Ganjar dapat restu dari Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat besar, bahkan paling besar dibanding tokoh lain.

Sebagai kader PDIP, Ganjar dianggap sangat kompetitif dan suaranya cenderung lebih unggul dibandingkan tokoh lain. PDIP sebagai partai besar tentu ingin mengusung kadernya jadi presiden lagi. 

“Sejauh ini, Ganjar adalah kader PDIP yang paling kompetitif bahkan suaranya cenderung lebih unggul dibanding tokoh lain,” kata Saidiman.



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.