Punya Kedekatan, Nasdem Disebut Berpeluang ke KIB Jika Koalisi Perubahan Bubar

by -3785 Views
Ilustrasi Nasdem

Jumat, 27 Januari 2023 – 09:35 WIB

VIVA Politik – Kunjungan jajaran elit Partai Nasdem ke Sekretariat Bersama atau Sekber Gerindra-PKB, kamis kemarin, menimbulkan spekulasi politik terkait arah koalisi. 

Apalagi, Koalisi Perubahan yang digagas Nasdem bersama PKS dan Partai Demokrat, masih belum menemukan kata sepakat. Kunjungan Nasdem ke Sekber Gerindra-PKB itu, dinilai bisa mengubah poros koalisi memasuki Pemilu 2024.

Saidiman Ahmad, peneliti dari SMRC menilai bukan suatu yang mustahil kalau Nasdem nantinya akan berada di koalisi lain. Koalisi Indonesia Hebat atau KIB, yang digagas Partai Golkar, PAN dan PPP, bisa menjadi labuhan bagi partai tersebut.

 Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menggelar Silaturahmi Nasional (Silatnas) bersama dengan ribuan kader partai di Hotel Dalton Makassar.

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menggelar Silaturahmi Nasional (Silatnas) bersama dengan ribuan kader partai di Hotel Dalton Makassar.

“Jika Koalisi Perubahan tidak terjadi, Nasdem lebih memiliki sejarah kedekatan ke KIB dan PDIP. Mungkin peluang paling besar merapat ke sana,” ujar Saidiman, dikutip Jumat 27 Januari 2023.

Peluang itu semakin besar, menurutnya lantaran kedekatan pimpinan partai mereka. Seperti Ketum Nasdem Surya Paloh, yang dulu adalah kader senior di Partai Golkar.

“Dilihat dari kedekatan elit, Nasdem lebih dekat dengan KIB. Surya Paloh sendiri adalah mantan orang Golkar,” katanya.

Halaman Selanjutnya

Dari historinya, dia melihat partai di Koalisi Perubahan seperti PKS dan Demokrat, sebenarnya lebih punya kedekatan dengan koalisi yang dibangun Gerindra dan PKB. Tetapi kini, ada ‘hambatan’ yang menurutnya membuat mereka belum bisa bersama. Setelah Gerindra memutuskan bergabung di pemerintahan Presiden Joko Widodo.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.