Pengamat Sebut Prabowo dan Airlangga Layak Diusung Koalisi Besar KIB-KKIR

by -497 Views
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Kamis, 6 April 2023 – 16:24 WIB

VIVA Politik – Koalisi besar gabungan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) diprediksi akan berlangsung dengan mulus. Namun siapa capres dan cawapres yang diusung, masih akan dibahas lebih lanjut.

Bagi pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, setuju bahwa penentuan capres cawapres di koalisi besar ini bisa alot. Tetapi akan lancar jika sudah berada dalam koalisi.

Namun pertimbangannya, kata Jamiluddin, tetap akan melihat secara elektabilitas tinggi. Jika berdasarkan pada hal itu, dia melihat Prabowo Subianto lah yang cukup berpotensi diusung sebagai capres di koalisi besar ini.

“Prabowo Subianto tampaknya yakin dirinya paling layak menjadi capres bila Koalisi Besar terbentuk,” jelas Jamiluddin, Kamis 6 April 2023.

Sedangkan untuk posisi cawapres, menurut dia Partai Golkar harus mengalah. Bila partai tersebut selama ini mengajukan Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai capres, maka di koalisi besar ini harusnya bisa menjadi cawapres, tidak ngotot capres.

“Jadi, dilihat dari elektabilitasnya, Prabowo dan Airlangga yang paling layak diusung Koalisi Besar. Pasangan ini tampaknya akan diterima PKB, PAN, dan PPP,” jelas Jamiluddin.

Penentuan capres dan cawapres dalam koalisi besar ini akan alot, apabila PDIP benar-benar ikut dalam koalisi ini. Karena, jelas dia, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kerap kali menegaskan bahwa mereka sudah final untuk mengusung capres dari kadernya sendiri.

Halaman Selanjutnya

“Jadi, bila koalisi besar mau tetap utuh sebaiknya tidak melibatkan PDIP. Sebab, kehadiran PDIP akan menyulitkan koalisi besar menetapkan capres dan cawapresnya,” katanya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.