Golkar Setuju KIB Mesti Dorong Kader Internal jadi Capres atau Cawapres di Koalisi Besar

by -873 Views
Petinggi KIB dan KKIR bertemu dengan Presiden Jokowi.

Selasa, 18 April 2023 – 22:12 WIB

VIVA Politik – Usulan agar Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), mengusulkan kader internalnya untuk menjadi capres atau cawapres di koalisi besar, mendapat dukungan dari Partai Golkar.

Apalagi KIB memiliki kekuatan di internalnya, untuk mengusung kader partai di dalam koalisi itu. Saat nantinya masuk dalam koalisi besar hasil dari penggabungan dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). 

Untuk diketahui, Partai Golkar sebagai pemenang kedua pemilu tahun 2019, sudah memutuskan untuk mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai capres.

“Apa yang disampaikan pengamat sejalan dengan keinginan seluruh kader agar Ketua Umum menjadi calon presiden,” ujar Sarmuji, politisi yang juga Ketua DPD Golkar Jawa Timur, Selasa 18 April 2023.

Dia menjelaskan, ada alasan-alasan yang menguatkan dengan mengusung kader internal KIB yakni Airlangga. Jelas politisi yang juga Wakil Ketua Komisi VI DPR RI itu, dengan diusungnya Airlangga maka suara partai semakin mudah untuk dikonsolidasikan.

“Munas telah memberikan mandat kepada Ketua Umum untuk menentukan proses pilpres,” katanya. Ditegaskannya juga, pilihan KIB untuk melebur menjadi koalisi esar, bisa terwujud. Sebab memiliki mesin partai yang kuat.

Mengusung kader internal KIB untuk diajukan sebagai capres atau cawapres, adalah salah satu bentuk power sharing dengan poros koalisi yang lain, saat nanti bersama-sama dalam koalisi besar.

Halaman Selanjutnya

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), didorong untuk harus mengusung kader internal poros ini, untuk dicalonkan baik sebagai capres atau cawapres di dalam koalisi besar. Koalisi besar ini adalah gabungan dari KIB  dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.