Cak Nun Viral Sebut Jokowi Firaun: Itu Saya Kesambet

by -1201 Views
Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun di Mocopat Syafaat.

Rabu, 18 Januari 2023 – 11:52 WIB

VIVA Politik – Budayawan Emha Ainun Nadjib atau akrab disapa Can Nun jadi sorotan dan viral di media sosial. Viralnya Cak Nun ini gegara potongan video dirinya berceramah yang menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Firaun.

Terkait video itu, Cak Nun angkat bicara saat mengisi acara di Macapat Syafaat dan Tawashshulan yang digelar di Tamantirto, Kasihan, Kabupaten Bantul, Selasa malam, 17 Januari 2023.

Cak Nun menjelaskan saat mengucapkan Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi dirinya berada dalam keadaan kesambet. Dia mengaku hal itu diucapkan tanpa rencana dan di luar kontrolnya.

Meneng-meneng aku ki ngomong hal tentang Firaun. Itu saya kesambet. Kui aku ra duwe rencana, moro-moro cangkeme makpecotot Firaun, Hammam, Qorun kui (itu tidak ada rencana, tahu-tahu mulut saya mengucapkan tentang Firaun, Hammam dan Qorun),” kata Cak Nun di Tamantirto, Kasihan, Kabupaten Bantul.

Dia menekankan kembali hal itu di luar kontrolnya.  “Itu di luar rencana saya dan sama sekali di luar kontrol saya. Maka tadi saya bikin video sama Sabrang. Judulnya ‘Mbah Nun Kesambet’. Tolong dibaca (ditonton videonya),” lanjut Cak Nun.

Pun, dia menambahkan dirinya belum tahu apakah yang terjadinya padanya saat menyebut Jokowi adalah Firaun adalah campur tangan iblis maupun hidayah dari Allah SWT.

Halaman Selanjutnya

Cak Nun saat di depan jemaah Maiyah, juga menyampaikan konsep kesambet yaitu seseorang dimasuki sesuatu entah itu iblis atau malaikat. Dia membeberkan konsep ke sambet itu ada empat yakni Amr atau hidayah, Idlal, Thariqun maupun Istidraj.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.