Pluralitas dan Terbuka, PAN Diprediksi Bisa Tembus Parlemen

by -2512 Views
Bendera Partai Amanat Nasional

Jumat, 16 Juni 2023 – 19:37 WIB

Jakarta – Pengamat politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing memprediksi, Partai Amanat Nasional (PAN) akan melenggang ke Senayan dan melewati ambang batas parlemen sebesar empat persen. Sebab, PAN selama ini konsisten dengan mengedepankan semangat terbuka dan pluralitas.

Menurut Emrus, pluralitas dan terbuka merupakan kekuatan yang PAN miliki. Pasalnya, dengan keterbukaan itu membuat PAN dapat meraih simpatik masyarakat.

“Komunikasi politik yang dilakukan PAN saya kira sangat menyejukkan, sifatnya plural dan kemudian terbuka,” ujar Emrus dalam keterangannya, Jumat, 16 Juni 2023.

Ilustrasi: Warga Memberikan Suara Dalam Pemilu.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Emrus menyebutkan, meski dalam sejumlah survei terbaru elektabilitas PAN masih di bawah batas ambang parlemen, namun partai berlogo matahari tersebut masih memiliki peluang. Hal itu mengingat sejarahnya selama ini yang selalu lolos ke Senayan. 

Menurutnya, situasi politik saat ini masih dinamis dan bisa berubah kapan saja. “Saya berhipotesa, PAN ke depan bisa melampaui parliamentary threshold,” katanya.

Dalam sejumlah survei, elektabilitas PAN memang menunjukkan tren kenaikan. Pada survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas PAN pada bulan Mei mencapai angka 3,1 persen. Angka tersebut naik dari bulan April yang berkisar di angka 2,0 persen dan di bulan Maret elektabilitas PAN berada di 1,0 persen.

Halaman Selanjutnya

Berdasarkan survei Litbang Kompas, elektabilitas PAN juga menunjukkan tanda-tanda kenaikan signifikan. Pada bulan Mei di angka 3,2 persen. Angka tersebut naik 100 persen dibanding bulan Januari yang hanya di angka 1,6 persen.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.