Panglima TNI Pensiun saat Masa Kampanye Pemilu 2024, Jokowi Disarankan Ini

by -500 Views
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Jumat, 14 April 2023 – 16:21 WIB

VIVA Politik – Dua pimpinan TNI yaitu Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman akan pensiun pada akhir tahun ini. Laksamana Yudo pensiun Desember 2023 dan Jenderal Dudung purnatugas pada November 2023.

Waktu pensiun Panglima TNI dan KSAD jadi perhatian karena bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024. Masa kampanye merupakan salah satu tahapan pemilu yang penting menyangkut dinamka politik.

Muncul saran agar Presiden Jokowi perpanjang masa jabatan Panglima TNI hingga pemilu usai. Tapi, ada juga yang menilai Jokowi bisa segera mengganti pengganti Yudo tanpa perlu menunggu hingga masa pensiun.

Pengamat intelijen, pertahanan dan keamanan Ngasiman Djoyonegoro menyampaikan pandangannya. Menurut dia, suksesi kepemimpinan di TNI mesti merujuk aturan yang ada yakni Undang-Undang TNI.

“Secara objektif, transisi kepemimpinan dalam organisasi mengikuti prosedur yang ada saja. Pergantian personel dan kepemimpinan dalam organisasi itu hal yang lumrah dan wajar,” kata Simon, sapaan akrabnya, dalam keterangannya, dikutip pada Jumat, 14 April 2023.

Ilustrasi TNI

Simon menyampaikan, perpanjangan masa jabatan tidak ada dasar hukumnya dalam UU TNI. Kata dia, perpanjangan masa jabatan adalah murni keputusan politik berdasarkan pertimbangan-pertimbangan presiden sebagai pimpinan tertinggi. 

Halaman Selanjutnya

Bagi dia, ideal atau tidaknya perpanjangan masa jabatan tergantung sepenuhnya dari pertimbangan Jokowi selaku presiden. “Apakah Pemilu 2024 atau hal lainnya bisa jadi pertimbangan,” lanjut Simon.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.