Megawati Pertimbangkan Tokoh yang Tak Beredar di Publik Jadi Cawapres Ganjar, Kata Elite PDIP

by -913 Views
Ketua Fraksi PDIP di MPR, Ahmad Basarah

Jumat, 12 Mei 2023 – 17:29 WIB

VIVA Politik – Megawati Soekarnoputri bakal berdiskusi dengan pimpinan partai politik, juga Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk menentukan nama bakal calon wakil presiden untuk mendampingi Ganjar Pranowo pada pemilu tahun 2024, kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah.

“Prosesnya masih cukup panjang; kewenangan itu ada pada Ibu Mega, tentu, bersama ketum parpol peserta kerja sama politik lainnya akan berdiskusi dengan Pak Jokowi dalam kapasitas sebagai kader PDIP,” kata Basarah kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 12 Mei 2023. 

Megawati, katanya, akan memikirkan calon pendamping Ganjar Pranowo secara kontemplatif dari sejumlah nama-nama yang beredar di publik. Dia juga meminta publik agar menunggu keputusan Megawati untuk menentukan cawapres Ganjar.

“Ya, sosok yang diincar, tentu, kalau dalam bahasa Ibu Mega, sedang dipikirkan secara kontemplatif, dari nama-nama yang ada, baik yang beredar di publik maupun yang tidak beredar di publik. Otoritas itu ada pada Ibu Mega. Kita tunggu bulan, hari, jam, atau tanggal baiknya,” katanya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri

Halaman Selanjutnya

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.