Koalisi Besar Harus Dilapisi Agenda Kepentingan Nasional Ditengah Ancaman Perang

by -531 Views
Sekjen Partai Gelora, Mahfuz Sidik

Kamis, 6 April 2023 – 11:44 WIB

VIVA Politik – Koalisi besar yang digagas 2 poros koalisi yakni Koalisi Indoensia Bersatu (KIB) dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), mendapat respon positif. Walau, pembahasan koalisi itu juga butuh peneguhan kepentingan nasional di tengah pertarungan global dan ancaman peperangan.

Seperti diketahui, koalisi besar ini digagas oleh Partai Golkar, PPP, PAN (KIB) lalu Partai Gerindra dan PKB (KKIR). Koalisi besar, diharap bisa melahirkan kepemimpinan politik Indonesia yang kuat. Serta bisa melindungi kepentingan nasional.

“Kalau sekarang ada yang mengarah pada koalisi besar, itu saya kira satu ide yang menarik. Tetapi, kita melihat hal itu masih sekedar wacana, masih baru cocok-cocokan. Masih ngukur, ini modalnya berapa, yang ini berapa, cukup atau tidak. Masih berbasis pragmatis, basis koalisinya belum ada ikatan ideologisnya,” kata Sekretaris Jenderal Partai Gelora, Mahfuz Sidik, dalam keterangan persnya, Kamis 6 April 2023.

Itu disampaikan Mahfuz, dalam Gelora Talk bertajuk ‘Koalisi Politik di Bulan Ramadhan 1444 H, Rabu kemarin.

Walau wacana koalisi besar ini diprediksi akan terbentuk, namun dia melihat belum ada pembicaraan terkait Indonesia setelah 2024 nanti.

Mahfuz yang sempat lama menjadi Ketua Komisi I DPR RI (salah satunya membidangi hubungan luar negeri), menilai situasi dunia saat ini cukup berisiko. Risiko ini yang harus diperhitungkan bagi Indonesia. Yakni potensi perang terbuka negara-negara besar di dunia. Di luar dari perang antara Rusia-Ukraina.

“Amerika, Rusia, negara-negara Eropa dan China sudah saling mengancam perang, dan perangnya nggak tanggung-tanggung pakai nuklir. Jika terjadi perang terbuka, maka imbasnya ke Indonesia akan sangat signifikan,” jelas Mahfuz.

Halaman Selanjutnya

Maka koalisi besar yang digagas 5 partai ini juga, jelas dia, harus menghasilkan format yang lebih baik. Dalam rangka melindungi kepentingan nasional sebagai bangsa dan sebagai negara.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.