Ketua MPR Dukung Peningkatan Status Siaga Tempur untuk Hadapi KKB di Nduga Papua

by -111 Views
Bambang Soesatyo

Rabu, 19 April 2023 – 09:47 WIB

VIVA Politik – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung langkah tegas Panglima TNI Laksamana Yudo Margono meningkatkan status operasi TNI di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, naik menjadi Siaga Tempur.

Peningkatan status tersebut menyusul terjadinya serangan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga yang mengakibatkan satu prajurit TNI bernama Pratu Miftahul Arifin gugur, Sabtu sore pekan lalu.

“Meminta Panglima TNI dan seluruh jajarannya agar bersikap tegas dan tidak ragu-ragu dalam mengambil tindakan kepada KKB atau kelompok teroris bersenjata yang telah banyak membuat rakyat Papua menderita dengan melakukan berbagai tindak anarkis yang mengancam dan mengakibatkan korban jiwa di kalangan masyarakat dan aparat yang bertugas di Papua,” kata Bamsoet, Rabu, 19 April 2023.

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Wakil Ketua Umum Golkar ini menjelaskan, serangan KKB yang mengakibatkan meninggalnya Pratu Miftahul Arifin terjadi saat 36 personel TNI diterjunkan untuk mencari keberadaan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mertens. Pratu Miftahul Arifin, tewas tertembak KKB dan jatuh ke jurang sedalam kurang lebih 15 meter.

Selain itu, serangan KKB juga mengakibatkan empat prajurit lainnya mengalami luka-luka. Sementara empat personel lainnya ada yang dilaporkan hilang. Keberadaannya belum diketahui hingga kini.

Halaman Selanjutnya

“Pemerintah dan TNI-Polri harus memastikan keamanan dan keselamatan para prajurit yang bertugas dalam dalam operasi pencarian pilot Susi Air kapten Philip Mark Merthens di Nduga, Papua Pegunungan, serta memberikan perlindungan kuat yang maksimal dari potensi kelanjutan gangguan dan ancaman dari aksi anarkis KKB,” katanya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.