IKN Harus Jadi Kota Inklusif seperti Madinah pada Masa Nabi Muhammad, Kata Mahfud MD

by -153 Views
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD (kanan) menyampaikan sambutan pada peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Al-Ikhawan, lokasi pembangunan IKN, Kalimantan Timur, Kamis, 13 April 2023.

Jumat, 14 April 2023 – 13:36 WIB

VIVA Politik – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyampaikan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur diharapkan menjadi kota inklusif yang dapat menciptakan kerukunan antarumat beragama.

Mahfud, saat memberi sambutan pada peringatan Nuzulul Quran pertama di IKN, sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya di Jakarta, Jumat, 14 April 2023, menjelaskan IKN sebagai kota yang inklusif menghargai perbedaan dan mengakui adanya kesamaan hak masing-masing warganya terlepas dari perbedaan suku dan agama.

“Itulah yang pertama kali dilakukan Nabi (Muhammad), membuat deklarasi ketika awal membangun Kota Madinah, yang kita kenal dengan istilah Piagam Madinah,” kata Mahfud MD di hadapan 150 orang yang menghadiri peringatan Nuzulul Quran di Masjid Al-Ikhawan, Kamis malam.

Presiden Jokowi meninjau Kawasan 1B, IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim

Presiden Jokowi meninjau Kawasan 1B, IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim

Photo :

  • Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

Masjid Al-Ikhawan yang berlokasi di kawasan hunian para pekerja konstruksi IKN merupakan salah satu tempat ibadah pertama yang ada di IKN. Bagi Mahfud, peringatan Nuzulul Quran di Masjid Al-Ikhawan bakal tercatat dalam sejarah karena untuk pertama kalinya hari turunnya Alquran diperingati di IKN.

“Tadi sambil bergurau, Kepala Otorita IKN, Pak Bambang Susantono, mengatakan kepada saya besok-besok mungkin akan ada peringatan Nuzulul Quran di ibu kota ini dengan peserta puluhan atau bahkan ratusan ribu orang, tetapi tidak akan pernah ada lagi yang pertama, kecuali hari ini,” kata Mahfud MD.

Halaman Selanjutnya

Di acara itu, mereka yang hadir di Masjid Al-Ikhawan di antaranya para pekerja konstruksi, para pemuka agama, dan tokoh dari kelompok masyarakat adat di berbagai wilayah Kalimantan Timur. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar juga hadir mengikuti rangkaian peringatan Nuzulul Quran di IKN.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.