Elektabilitas Anies Baswedan Turun Cukup Konstan, Menurut Survei Charta Politika

by -1022 Views
Capres Nasdem Anies Baswedan bersama mantan Gubernur Banten Wahidin Halim

Senin, 15 Mei 2023 – 17:04 WIB

VIVA Politik – Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil temuan survei mereka terhadap tiga kandidat kuat yang bakal maju dalam pemilu presiden tahun 2024. Elektabilitas salah satu kandidat, Anies Baswedan, tetap anjlok setelah Indonesia menolak kehadiran timnas Israel dalam Piala Dunia U-20.

“Mas Anies dalam situasi itu pun terus mengalami proses penurunan cukup konstan setelah mengalami kenaikan di bulan November, pasca deklarasi oleh Partai Nasdem, dari 25 [persen] menuju 29 [persen] dan sudah menyalip Pak Prabowo,” ujar Direktur eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam rilis survei secara virtual, Senin, 15 Mei 2023.

Temuan hasil survei Charta Politika menyebutkan Anies Baswedan berada di posisi terakhir dengan perolehan suara sebesar 23,6 persen. Posisi teratas dipegang oleh Ganjar Pranowo dengan perolehan suara sebesar 38,2 persen dan posisi kedua Prabowo Subianto dengan perolehan suara 31,1 persen.

Bakal calon presiden Anies Baswedan memberikan pidato sambutan kepada simpatisannya yang datang ke SWK Gayungan, Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 17 Maret 2023.

Bakal calon presiden Anies Baswedan memberikan pidato sambutan kepada simpatisannya yang datang ke SWK Gayungan, Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 17 Maret 2023.

“Dalam simulasi tiga nama, Ganjar Pranowo 38,2% menjadi pilihan tertinggi. Diikuti oleh Prabowo Subianto 31,1%, Anies Baswedan 23,6%,” katanya.

Berdasarkan data survei Charta Politika Indonesia, penurunan elektabilitas Anies Baswedan konstan ketika Anies menempati posisi pertama perolehan suara sementara pada November 2022 dengan 29,3 persen. Kemudian terus turun hingga 23,6 persen.

Halaman Selanjutnya

Lalu semenjak Februari sampai sekarang, kata Yunarto, terus mengalami penurunan dari angka tertinggi di angka 29,3% di bulan November 2022 dan sekarang ada 23,6%.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.