Dasco Bantah DPR Tak Patuh Putusan MK soal Dapil: KPU yang Berikan Alternatif

by -337 Views
Wakil Ketua DPR dan juga Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad

Senin, 16 Januari 2023 – 14:53 WIB

VIVA Politik – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad membantah jika DPR disebut tak mematuhi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai pengaturan daerah pemilihan atau dapil untuk Pemilu 2024. Apalagi, isunya DPR mengintervensi KPU soal penentuan dapil tersebut. 

Menurut Dasco, pihaknya hanya memilih salah satu dari 4 opsi yang ditawarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal penyusunan dapil DPR RI dan DPRD Provinsi. Dia mengatakan saat konsinyering, KPU memang berikan beberapa alternatif.

“Saya rasa kami tidak melanggar ketentuan apapun dari MK. Karena waktu konsinyering, itu KPU memberikan beberapa alternatif. Nah, alternatif itu termasuk tidak ada perubahan dapil,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 16 Januari 2023.

Namun, Dasco tak merinci secara detail soal 4 opsi yang ditawarkan KPU. Namun, menurut politikus Gerindra itu salah satu dari 4 opsi tersebut adalah tak ada perubahan dapil DPR RI dan DPRD Provinsi. Lalu, dapil untuk Pileg 2024 akan tetap sama dengan dapil di Pileg 2019.

“Dengan alternatif-alternatif yang ada, itu kita putusin sama-sama. Jadi, bukan kami tidak patuh. Tanya saja sama KPU, bahwa KPU yang memberikan alternatif, ada 4 alternatif yang diberikan KPU,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dasco mengatakan, opsi tak melakukan perubahan dapil DPR RI dan DPRD Provinsi, bukan melanggar putusan MK. Sebab, MK hanya menyampaikan kewenangan penyusunan dapil sekarang jadi ranah KPU. Dengan demikian, KPU tetap sah jika tak melakukan perubahan dapil untuk Pileg 2024.

Halaman Selanjutnya

“KPU melempar opsi tersebut sesuai dengan putusan MK bahwa mereka berhak untuk melakukan perubahan atau pun penyusunan dapil,” tutur Dasco.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.