Aktivis 98 Kritik Tajam Pemerintah Jokowi: Gemar Bikin Perppu

by -2109 Views
Penghitungan surat suara Pemilu 2019 (Foto ilustrasi).

Kamis, 6 April 2023 – 18:04 WIB

VIVA Politik – Sejumlah aktivis dari berbagai elemen menggelar forum diskusi Konsolidasi Demokrasi Aktivis 98 terkait dampak penundaan pemilu terhadap hukum, ekonomi, sosial, dan kebudayaan. Wacana penundaan pemilu masih dihembuskan sejumlah elite politik.

Demikian jadi bahasan dalam diskusi tersebut. Salah seorang aktivis 98, Setyo Purwanto menyebut ada aktor-aktor politik yang masih menggaungkan tentang penundaan pemilu. Bagi dia, hal itu menunjukkan mereka ada dalam satu orkestra.

“Sehingga kita bisa melihatnya bahwa penundaan pemilu adalah bagian dari strategi rezim untuk bertahan dalam kekuasaannya,” kata Komeng, sapaan akrabnya, dalam keterangannya, Kamis, 6 April 2023.

Menurut dia, era pemerintahan Jokowi adalah rezim yang gemar bikin Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu). Kata dia, semua yang dianggap mengganggu kekuasaan politik rezim maka akan diterbitkan perppu.

Dia bilang demikian karena era Jokowi sudah beberapa kali perppu diterbitkan seperti KPK hingga Cipta Kerja atau Ciptaker.

“Seperti KPK, Corona, Ciptaker. Dikhawatirkan akan muncul tiba-tiba perppu penundaan Pemilu,” ujar Komeng.

Diskusi aktivis 98.

Halaman Selanjutnya

Pun, menurutnya kualitas demokrasi di Tanah Air saat ini masih jauh dari yang berkualitas. “Walau klaimnya adalah demokrasi Pancasila. Karena tanpa ada keadilan, demokrasi tidak bermanfaat,” tutur Komeng.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.