Viral Video Kader BMI Dukung Anies, PDIP Jatim: Itu Hoaks

by -2433 Views
Plh Ketua DPD PDIP Jatim Budi Sulistyono.

Rabu, 3 Mei 2023 – 06:50 WIB

VIVA Politik – Sebuah video yang menarasikan Banteng Muda Indonesia (MBI) Jawa Timur mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) beredar dan viral di media sosial. 

Menanggapi itu, PDIP Jatim pun menegaskan bahwa video tersebut dicatut, sementara narasi yang dibangun di video tersebut adalah hoaks.

“Saya pastikan, tidak ada deklarasi mendukung Anies di Jawa Timur,” kata Plh Ketua DPD PDIP Jatim Budi Sulistyono dalam keterangannya, Selasa, 2 Mei 2023.

Dalam video berdurasi 2 menit 35 detik itu, gambar acara pelantikan Banteng Muda Indonesia Jatim, salah satu sayap organisasi PDIP, di Ponorogo beberapa waktu lalu dicuplik. 
Pengunggah video kemudian membubuhkan narasi yang menyebutkan 35 DPC PDIP mendukung Anies Baswedan.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disambut Ganjar di kantor DPP PDIP

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disambut Ganjar di kantor DPP PDIP

Menurut Kanang, panggilan akrab Budi Sulistyono, video tersebut menyesatkan dan hoaks. “Tolonglah, kita berkompetisi secara fair. Belum menang saja sudah hobi bikin kabar hoaks dan bohong, apalagi nanti kalau menang. Ini sangat membahayakan,” ujarnya.

Dia menegaskan, kader Banteng se-Jatim bulat mendukung Ganjar Pranowo, figur yang secara resmi dideklarasikan PDIP untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024. “Tak ada keraguan sedikit pun untuk mengamankan perintah Ibu Ketum [Megawati Soekarnoputri], memenangkan Mas Ganjar di Pilpres 2024,” kata Kanang.

Halaman Selanjutnya

Dia mengaku sudah menyiapkan langkah-langkah hukum untuk menanggapi beredarnya video hoaks dukungan BMI Jatim ke Anies tersebut. Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat membuat laporan ke pihak berwenang. “Karena video itu sudah ada unsur pelanggaran pidana,” ujar Kanang.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.