Usul RI Keluar dari WTO, Cak Imin: Bertahan Jangan Mau Didikte

by -4341 Views
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Kamis, 26 Januari 2023 – 19:10 WIB

VIVA Politik – Kondisi ekonomi global yang tidak pasti berpengaruh terhadap perlambatan pertumbuhan ekonomi termasuk di RI. Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menilai kondisi itu perlu jadi perhatian karena program ketahanan ekonomi nasional sebagai prioritas.

Dia mengapresiasi pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo yang sudah ikhtiar menjaga ketahanan ekonomi nasional. Salah satunya, kata dia, pemerintah era Jokowi dengan tak sepenuhnya bergantung pada Organisasi Dagang Dunia (WTO).

Cak Imin mengingatkan dengan jadi prioritas, maka ketahahan ekonomi nasional mesti jadi perhatian.

“Daya tahan ekonomi nasional kita ini menjadi penting. Makanya saya salut kepada pak Jokowi dalam konteks ini menahan dan menjaga kekuatan ekonomi nasional tidak harus tunduk pada WTO,” kata Cak Imin dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 26 Januari 2023.

Pun, dia menilai posisi pemerintah RI yang saat ini  tak tunduk pada WTO. Bagi dia, sikap RI seperti demikian perlu dipertahankan. 

Lalu, Cak Imin mengusulkan agar pemerintah RI tak sungkan keluar dari WTO. Ia bilang mundur dari WTO mungkin perlu jika bawa dampak positif terhadap ketahanan ekonomi nasional. 

Halaman Selanjutnya

“Kalau perlu saya mengusulkan Indonesia keluar saja dari WTO. Lalu, menjalin koalisi baru ekonomi yang menguntungkan. Pak Luhut videonya kemarin viral dia mengatakan secara tegas independensi Indonesia atas negara manapun soal ekonomi,” jelas Wakil Ketua DPR tersebut.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.