Sandiaga Uno Siapkan Pelatihan bagi Korban Pelanggaran HAM Berat

by -4785 Views
Menparekraf Sandiaga Uno (kanan)

Rabu, 3 Mei 2023 – 00:42 WIB

VIVA Politik – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa kementerian yang dia pimpin akan menyiapkan pelatihan dan pendampingan bagi korban dan keluarga korban pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat pada masa lampau agar bisa berkarya di sektor ekonomi kreatif.

Hal itu sesuai permintaan Presiden Joko Widodo dalam rapat internal kelanjutan rekomendasi Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia (PPHAM) Berat di Jakarta, Selasa, 2 Mei 2023.

“Tadi, kami diminta untuk menyiapkan pelatihan, pendampingan bagi korban dan keluarga korban (pelanggaran HAM berat) untuk (berkarya sebagai) pelaku-pelaku ekonomi kreatif,” kata Sandiaga usai rapat di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Peringatan Hari Pancasila Sakti di Lubang Buaya

Peringatan Hari Pancasila Sakti di Lubang Buaya

Dia mengaku juga diminta Jokowi untuk menyiapkan kunjungan terhadap para korban pelanggaran HAM berat yang terasing atau eksil di luar negeri agar bisa datang ke Indonesia untuk bertemu keluarga.

“Juga (soal) penyiapan dari salah satu pelanggaran HAM berat itu kan yang eksil di luar negeri, itu disiapkan mungkin kunjungan ke Indonesia melihat keluarga maupun juga para anggota keluarga yang lain, jika terlalu sepuh, karena itu dari tahun 1960,” kata Sandiaga.

Halaman Selanjutnya

Dia mengingatkan, pernah ada film berjudul Surat dari Praha produksi Visinema tahun 2016 dan diperankan aktor Tio Pakusadewo yang bercerita tentang korban pelanggaran HAM berat.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.