Salah Pilih Cawapres, Mimpi Prabowo Jadi Presiden Bakal Tertutup

by -35 Views
Prabowo Subianto, HUT Partai Gerindra ke-15

Rabu, 15 Maret 2023 – 00:00 WIB

VIVA Politik РMeski sudah membentuk koalisi bareng PKB, Gerindra belum juga mengumumkan figur yang bakal jadi cawapres pendamping Prabowo. Mencuat sejumlah nama yang berpotensi jadi cawapres Prabowo mulai Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, hingga Ketum Golkar Airlangga Hartarto. 

Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga menganalisa manuver Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo yang menyampaikan Cak Imin belum tentu jadi cawapres mendampingi Prabowo di 2024. Tapi, di sisi lain, Cak Imin mengatakan, potensi Golkar bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama PKB dan Gerindra.

Dia membaca jika dua pernyataan benar, maka ada kemungkinan Prabowo akan berduet dengan Airlangga di Pilpres 2024. “Peluang itu terbuka karena dua sosok ini termasuk orang dekat Joko Widodo,” kata Jamiluddin, dalam keterangannya, Selasa, 14 Maret 2023.

Namun, dia menilai ada kemungkinan internal Golkar menolak bila Airlangga jadi cawapres. Sebab, Golkar sudah memutuskan Airlangga menjadi capres.

“Hal yang sama juga berlaku di Gerindra. Partai ini telah memutuskan Prabowo menjadi capres,” ujarnya.

Bagi dia, kemungkinan duet Prabowo-Airlangga atau sebaliknya sulit terwujud. Namun, berbeda jika Jokowi melakukan intervensi ke Golkar dan Gerindra. Kondisi itu bisa saja nanti Airlangga rela menjadi cawapres.

Halaman Selanjutnya

“Kalaupun duet Prabowo-Airlangga terwujud, namun peluang menang tampaknya relatif kecil,” jelas Jamiluddin.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.