Qodari Bicara Peluang Ma’ruf Amin Jadi Cawapres di 2024, Begini Analisanya

by -417 Views
Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin

Kamis, 20 April 2023 – 20:52 WIB

VIVA Politik – Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari melihat basis organisasi akan menjadi salah satu variabel yang signifikan di pemilihan presiden tahun 2024 yang akan datang. Sebab, berdasarkan peta politik saat ini, belum ada calon presiden yang kuat di Jawa Timur yang notabene adalah basis suara Nahdlatul Ulama (NU). 

Qodari mencontohkan, Prabowo Subianto yang memiliki basis suara di Jawa Barat, Anis Baswedan di Jakarta dan Banten, kemudian Ganjar Pranowo di Jawa Tengah.

“Nah ada satu wilayah yang sangat besar pemilihnya tetapi belum punya representasi dalam konteks ini yaitu Jawa Timur. Tetapi kalau kita bicara Jawa Timur sesungguhnya kita bicara variabel yang lain yang juga dekat yaitu NU,” kata Qodari dalam keterangannya, Kamis 20 April 2023.

Mentan SYL saat mendampingi Wapres Maruf Amin dalam pengukuhan Gapki

Mentan SYL saat mendampingi Wapres Maruf Amin dalam pengukuhan Gapki

Dikatakan Qodari, para calon presiden punya kecenderungan untuk mencari calon wakil presiden dari NU. Hal itu mengingat dari demografi pemilih muslim di Indonesia, sebesar 35% – 45% berafiliasi kepada organisasi NU atau anggota NU.

Meski demikian, Qodari menilai bahwa calon wakil presiden yang potensial akan dipilih merupakan nama-nama yang punya afiliasi dengan NU atau bagian dari keluarga besar Nahdliyin. 

“Pertama Mahfud MD, kedua Erick Thohir yang juga keluarga besar Ansor/Banser dan ketua Harlah satu abad NU, bisa dilihat juga yang NU adalah Khofifah Gubernur Jawa Timur dan Muslimat NU, serta Muhaimin Iskandar dari PKB,” ungkap Qodari

Halaman Selanjutnya

Tetapi, dari sekian nama yang beredar, Qodari menyebut satu nama yang potensial untuk dipilih jadi calon wakil presiden tapi tidak pernah muncul ke permukaan, yaitu Ma’ruf Amin. 

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.