Putu DPR Minta Jokowi Tak Cuma Bahas Isu Perbatasan saat Kunjungan ke Papua Nugini

by -1701 Views
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana.

Kamis, 15 Juni 2023 – 18:38 WIB

Jakarta – Pemerintah RI diminta perkuat hubungan bilateral dengan Papua Nugini. Dengan hubungan yang sudah terjalin lama sebagai negara tetangga, RI dan Papua Nugini diharapkan bisa meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

Demikian disampaikan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape kepada Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana. Putu terbang ke Papua Nugini bersama rombongan parlemen DPR. Saat itu, Putu dan delegasi DPR juga diterima Penjabat Ketua Parlemen Papua Nugini, Koni Iguan.

Putu menjelaskan isi pertemuan dengan James Marape. Dia bilang bahwa James yang mewakli Papua Nugini berharap banyak kepada RI sebagai negara tetangga dekat.

“Mereka berharap banyak adanya peningkatan kerja sama dari sektor ekonomi, sosial budaya, pendidikan, perguruan tinggi, dan investasi,” kata Putu dalam keterangannya pada Kamis, 15 Juni 2023.

Ketua BKSAP DPR Putu Supadma Rudana dan PM Papua Nugini James Marape.

Putu mengatakan Papua Nugini sangat berharap agar RI tidak hanya fokus pembahasannya tentang masalah perbatasan saja. Namun, ia ingin RI juga bisa lebih fokus pada hubungan kerjasama di berbagai sektor.

“Mereka menyadari bahwa negara yang masih terus belajar. Mereka sangat berharap agar adanya kerja sama dengan kita dari berbagai sektor seperti peningkatan ekonomi, peningkatan investasi, peningkatan kerja sama people to people,” jelas legislator asal Bali tersebut.

Halaman Selanjutnya

Maka itu, Putu berharap dengan rencana agenda Presiden RI Jokowi yang diagendakan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Papua Nugini harus jadi momentum kunjungan yang komprehensif. Dia bilang, Jokowi akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Papua Nugini pada 6-7 Juli 2023. Dia minta agar Jokowi tak melakukan kunjungannya sebatas biasa saja.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.