Publik yang Akhirnya Tentukan Siapa Capres Menang, Bukan Elite Partai

by -359 Views
Penghitungan surat suara Pemilu 2019 (Foto ilustrasi).

Rabu, 19 April 2023 – 18:49 WIB

VIVA Politik – Elite partai politik (parpol) diminta tidak meremehkan nama bakal capres yang muncul jelang Pilpres 2024 versi pilihan masyarakat. Sejumlah nama yang bermunculan itu bisa dilihat dari temuan lembaga-lembaga survei yang kredibel.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi saat paparkan hasil survei ‘Isu-isu Mutakhir dan Dinamika Elektoral Pasca-Batalnya Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20. 

Menurut dia, nama yang muncul dalam temuan survei itu dapat dukungan suara publik secara luas.

“Kenapa? Karena nama-nama yang muncul dari temuan survei itulah yang mendapatkan dukungan publik secara luas,” kata Burhanuddin, dalam paparannya secara virtual, Rabu, 19 April 2023.

Dia mengingatkan kepercayaan atau trust terhadap parpol versi survei paling rendah. Pun, dalam kontestasi pilpres, suara publik yang jadi penentu kemenangan capres dan cawapres.

“Jadi, meskipun kewenangan menominasikan capres dan cawapres berada di tangan partai, mereka tidak boleh mengabaikan aspirasi publik. Publiklah yang akhirnya menentukan siapa capres dan cawapres yang menang, bukan elite partai,” lanjut Burhanuddin.

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi

Halaman Selanjutnya

Dia menyebut dalam temuan terbaru Indikator terkait kontestasi Pilpres, dukungan masyarakat lebih mengarah terhadap Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Menurut Burhanuddin, dukungan untuk Prabowo capai 32,7 persen.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.