Prabowo Disebut Jadi Bakal Cawapres Terkuat Ganjar Pranowo, Begini Analisanya

by -429 Views
Presiden Jokowi, Menhan Prabowo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Senin, 24 April 2023 – 06:46 WIB

VIVA Politik – Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto disebut-sebut menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) terkuat untuk Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Prabowo dianggap sangat kuat secara elektoral sehingga ideal mendampingi Ganjar.

“Paling ideal kalau kita berbicara calon wakil presiden yang secara elektoral akan memungkinkan pasangan ini sangat kuat adalah Pak Prabowo sendiri,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya di Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, yang dikutip Senin 24 April 2023

Menhan Prabowo Subianto (dua dari depan) bersama Ganjar Pranowo di Kebumen.

Menhan Prabowo Subianto (dua dari depan) bersama Ganjar Pranowo di Kebumen.

Berdasarkan survei capres Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) April 2023, Ganjar berada di posisi teratas dengan suara 26,8 persen, mengungguli Prabowo Subianto yang mendapat dukungan 25,4 persen.

Hasil tersebut menunjukkan Ganjar punya kekuatan terbesar secara elektoral dan Prabowo ada di nomor dua. Menurut Yunarto, duet Ganjar-Prabowo akan semakin kuat apabila terwujud.

“Dua-duanya ini kan peringkat satu dan peringkat dua. Dua-duanya simbol kalangan nasionalis juga dan kebetulan kita lihat dua-duanya ini yang menjadi simbol sosok yang diendorse oleh Pak Jokowi untuk berbicara keberlanjutan, tentu saja ini hal yang paling ideal,” kata dia.

Oleh sebab itu, Yunarto menekankan pentingnya menurunkan ego dari masing-masing elit partai. Baik bagi petinggi PDIP yang mengusung Ganjar sebagai bacapres, maupun Gerinda yang dipimpin Prabowo.

Halaman Selanjutnya

“Akan berbeda situasinya kalau dalam waktu lima bulan ke depan menjelang pendaftaran, ada salah satu di antaranya elektabilitasnya melampaui yang lain, saya pikir yang elektabilitasnya jauh di bawah mungkin akan berfikir realistis untuk menjadi pemenang,” katanya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.