Pengamat Nilai Musra Relawan jadi Perpanjangan Tangan Jokowi Inginkan Prabowo-Airlangga

by -1126 Views
Ketum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Sabtu, 13 Mei 2023 – 22:51 WIB

VIVA Politik – Salah satu nama yang muncul dari hasil Musyawarah Rakyat atau Musra Relawan Jokowi, adalah Airlangga Hartarto. Selain Ganjar Pranowo dan juga Prabowo Subianto.

Bagi pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, menilai adanya nama Airlangga bisa menjadi bentuk keinginan dari Jokowi. Hasil musra juga, dalam pandangannya, semacam perpanjangan tangan dalam mendukung Prabowo-Airlangga.

“Saya menduga hal itu merupakan keinginan dari Jokowi sendiri yang menaruh dukungan terhadap Airlangga menjadi kandidat capres melalui suara Musra Relawan,” ujarnya, saat dihubungi, Sabtu 13 Mei 2023.

Dua nama lain yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, menurutnya tidak mengejutkan. Karena memang keduanya dari hampir semua survei lembaga-lembaga, memiliki elektabilitas yang tinggi. Sehingga keduanya layak muncul di Musra dan diusung.

“Munculnya nama Airlangga justru mengejutkan lantaran elektabilitasnya tidak seperti dua yang lain dalam berbagai lembaga survei,” katanya 

“Opsi yang paling realistis yakni apabila Jokowi meminta Airlangga mendampingi Prabowo,” lanjutnya. 

Dalam analisanya, menurutnya peluang Jokowi menduetkan Prabowo-Airlangga lebih besar. Sebab tidak berhadapan dengan partainya. Namun usulan capres dari hasil Musra tetap menjadi kewenangan partai atau gabungan partai di Senayan.

Halaman Selanjutnya

“Kalau demikian halnya, Jokowi bisa jadi dalam Pilpres 2024 mendukung Ganjar, Prabowo, dan Airlangga menjadi capres. Hanya saja dukungannya itu tidak disampaikan secara terbuka. Musra relawan digunakan sebagai perpanjangan tangannya untuk mendukung sosok yang dikehendakinya,” katanya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.