Peluang Ganjar Pranowo dan Erick Thohir Diusung KIB, Begini Analisa Pengamat

by -2480 Views
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Erick Thohir dan Ganjar Pranowo

Kamis, 2 Maret 2023 – 11:04 WIB

VIVA Politik – Partai Amanat Nasional atau PAN, dalam Rakernas beberapa waktu lalu di Semarang Jawa Tengah, mewacanakan duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. Bahkan itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

PAN bersama Partai Golkar dan PPP, hingga saat ini masih berada di Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB. Hingga kini, belum ada kesepakatan untuk mengusung siapa di Pilpres 2024. Baik itu Golkar maupun PPP, punya kandidat masing-masing.

Arif Nurul Imam, Pengamat Politik &Direktur IndoStrategi Research and Consulting

Arif Nurul Imam, Pengamat Politik &Direktur IndoStrategi Research and Consulting

Pengamat politik yang juga Direktur IndoStrategi Research and Consulting (IRC), Arif Nurul Imam, mengatakan bahwa apa yang dilakukan PAN saat Rakernas itu setidaknya memperkuat pemahaman publik selama ini.

“Ini tentu seperti yang ditafsirkan banyak orang, KIB bisa akan diskenariokan akan menjadi kendaraan politik Ganjar dan Erick Thohir dalam pilpres ke depan,” kata Arif kepada VIVA, Kamis 2 Maret 2023. 

PAN, lanjut Arif, mencoba mengendorse Ganjar dan Erick, yang ketika Rakernas itu juga hadir. Termasuk Presiden Joko Widodo. PAN juga dilihatnya, mulai memperlihatkan keseriusannya untuk mengusung duet Ganjar-Erick tersebut.

“Tapi memang ada persoalan etik sebab Ganjar adalah kader PDIP yang sampai saat ini masih menjadi kader PDIP dan belum menyatakan keluar,” lanjut Arif.

Halaman Selanjutnya

Mengenai peluang diusung, menurutnya kemungkinan jadi dan tidak jadi, masih sama besar. Apalagi masih ada Partai Golkar yang hingga saat ini juga bertahan untuk mengusung Airlangga Hartarto, sang ketua umumnya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.