Menkumham Yasonna Laoly Termasuk Bacaleg yang Didaftarkan PDIP ke KPU

by -206 Views
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto didampingi Ketua DPP Bidang Hukum Yasonna Laoly

Kamis, 11 Mei 2023 – 13:29 WIB

VIVA Politik – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, mengatakan bahwa partainya telah menyeleksi bakal calon anggota legislatif atau bacaleg 2024, sebelum didaftarkan pada hari ini, Kamis, 11 Mei 2023, ke KPU RI. Hasto mengklaim nama-nama yang didaftarkan merupakan yang terbaik dan telah dipersiapkan untuk memahami fungsi DPR sebagai legislasi, anggaran, dan peggawasan. 

“Tidak hanya orang muda yang dipersiapkan, tapi memang mereka yang perlu dipersiapkan. Bakal calon tersebut dipersiapkan dengan sebaik-baiknya,” kata Hasto saat konferensi pers di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Mei 2023.

Hasto menerangkan, sebanyak 580 bacaleg yang didaftarkan oleh PDIP. Dari jumlah itu, 128 orang adalah incumbent atau kader PDIP yang saat ini sudah duduk di Senayan. Kemudian 180 orang atau 33 persen dari bacaleg perempuan, 73 dari kalangan akademisi, 17 dari purnawirawan TNI/Polri, serta 14 dari kalangan budayawan dan artis. 

Menkumham Yasonna Laoly (tengah)

Menkumham Yasonna Laoly (tengah)

Photo :

  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Hasto menambahkan, seluruh bakal caleg itu telah melalui proses kaderisasi yang matang sebagai seorang politikus. 

“Jadi kami memahami bahwa di PDIP kami diajarkan oleh Ibu Megawati untuk mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. Apalagi ini proses transisi kepemimpinan setelah Bapak Jokowi dipercaya oleh rakyat menjadi Presiden 2 periode,” jelas Hasto.

Namun, terang Hasto ada beberapa incumbent yang tidak didaftarkan lantaran adanya penugasan lain dari partai. Nama-nama bacaleg dari kabinet pemerintahan Presiden Jokowi saat ini, ada  nama Yasonna H Laoly yang kini menjabat Menkumham, yang didaftarkan sebagai bacaleg PDIP.  

Halaman Selanjutnya

“Dari Menteri Kabinet Indonesia Maju yang dicalonkan bapak Yasonna Laoly. Di luar itu agar fokus membantu bapak Presiden Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin agar mencapai legacy untuk rakyat Indonesia. Sehingga dengan dukungan rakyat, Pak Ganjar Pranowo dapat melanjutkan kepemimpinan dari Bung Karno, Bu Mega dan Pak Presiden Jokowi,” kata dia.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.