Kemauan Politik Jokowi Penting untuk Rampungkan Draf RUU Perampasan Aset

by -358 Views
Presiden Jokowi pimpin Rapat Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta

Jumat, 14 April 2023 – 23:21 WIB

VIVA Politik – Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Perampasan Aset Hasil Tindak Pidana yang jadi inisiatif pemerintah dinilai bisa jadi senjata pamungkas berantas korupsi. RUU tersebut dianggap juga bisa menimbulkan efek jera.

Demikian disampaikan Ketua Inisiator Pergerakan Advokat, Heroe Waskito. Menurut dia, RUU Perampasan Aset ibarat harapan rakyat yang mesti dipenuhi Presiden Jokowi untuk mewujudkan pemerintah bersih sesuai amanat reformasi.

“Di samping akan menimbulkan efek jera, keberadaan UU ini dibutuhkan untuk mengembalikan seutuhnya apa yang telah diambil oleh koruptor, termasuk keuntungan dari aset itu,” kata Heroe, dalam keterangannya, Jumat, 14 April 2023.

Dia bilang semangat RUU merupakan seratus persen cita-cita reformasi. Dia menyebut jika RUU tersebut jadi UU maka akan jadi tanda bagi hadirnya pemerintahan yang bersih di Indonesia. 

“Ini akan menjadi legacy terbesar dari sepuluh tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo,” ujar Heroe.

Presiden Jokowisaat  pimpin Rapat Kabinet Kerja di Istana Bogor, Jawa Barat

Presiden Jokowisaat pimpin Rapat Kabinet Kerja di Istana Bogor, Jawa Barat

Photo :

  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Bagi dia, jika di masa akhir pemerintahannya, Jokowi bisa bawa RUU itu ke DPR maka rakyat akan menilai eks Gubernur DKI punya komitmen besar terhadap cita-cita reformasi dalam pemerintahan yang bersih.

Halaman Selanjutnya

Heroe mengatakan sebagai advokat sekaligus mantan aktivis menyoroti pentingnya cita-cita reformasi. “Berharap Presiden benar-benar serius mendorong RUU ini,” tutur advokat senior tersebut.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.