Ke Dapil, Politisi Golkar Misbakhun Gali Ide Kreatif Kades dalam Pemberdayaan UMKM

by -83 Views
Politisi Partai Golkar Mukhamad Misbakhun

Jumat, 7 April 2023 – 13:13 WIB

VIVA Politik – Politisi Partai Golkar, Mukhamad Misbakhun, mengajak para kepala desa yang ada di daerah pemilihannya (dapil) di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, untuk memunculkan ide-ide kreatif. Terutama terkait dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Menurutnya, banyak kepala desa yang punya ide kreatif dan bisa direalisasikan. Sebab pemberdayaan UMKM menjadi sektor yang penting untuk perekonomian nasional.

Misbakhun menyampakan hal tersebut saat menjadi narasumber diskusi bertema ‘Masa Depan UMKM dan Fasilitas Akses Pembiayaan Pascapandemi’ di Kabupaten Probolinggo, kemarin. Hadir juga Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang, Samsun Hadi.

“Hari ini saya mengajak kepala Kantor Perwakilan BI Malang untuk hadir di sini bertemu bapak-bapak sekalian untuk berdiskusi tentang KUR dan UMKM,” ujar Misbakhun, dikutip Jumat 7 April 2023.

Dia meminta para kades menyampaikan keluhan, persoalan, maupun gagasan seputar KUR dan UMKM.

Hal itu penting, jelas dia, karena UU Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) memberikan mandat kepada BI untuk membantu stabilisasi pertumbuhan ekonomi. Sementara ekonomi nasional saat ini, lanjut dia, ditopang UMKM baik itu yang formal maupun informal.

“Tentunya kita ingin mengajak para kades ke dalam sebuah program di mana Bank Indonesia juga harus mulai memberikan penguatan pemikiran di sektor bawah,” tutur Misbakhun.

Halaman Selanjutnya

Anggota Komisi XI DPR RI itu mengatakan, di dapilnya yakni Dapil II Jawa Timur yang meliputi Pasuruan dan Probolinggo, harus memanfaatkan program KUR dan UMKM ini. Sebab ini adalah program pemerintah yang langsung menyentuh masyarakat bawah hingga ke pedesaan. UMKM kata dia, punya kontribusi sangat besar bagi ekonomi nasional. 

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.