Jangan Tunggu Viral, Harus Ada Solusi

by -1217 Views
Politikus Golkar Christina Aryani

Selasa, 11 April 2023 – 13:06 WIB

VIVA Politik – DPR ikut menyoroti kasus viralnya pekerja migran Indonesia (PMI) yang viral karena jadi korban perdagangan orang. PMI itu kini tengah dalam upaya pemulangan dari Damaskus, Suriah.

Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani memastikan negara mesti hadir dalam persoalan PMI bernama Dede Aisyah. Menurut dia, KBRI di Damaskus saat ini tengah berkomunikasi untuk memastikan pemulangan PMI tersebut.

“Ada kasus Dede Aisyah, dan Ayu dari Bontang yang saat ini kami pantau melalui KBRI sedang diupayakan untuk bisa dipulangkan. Intinya, kita memastikan negara hadir dan yang bersangkutan bisa kembali ke Indonesia dengan selamat,” kata Christina dalam keterangannya, Selasa, 11 April 2023.

Dia menyebut kasus seperti Dede dan Ayu yang terjadi cukup banyak. Menurut dia, dari penelusuran di KBRI, Indonesia punya hambatan dalam pemulangan dua PMI tersebut. 

Christina bilang tantangan itu menyangkut proses yang lama untuk bisa mendapatkan exit permit dari otoritas Suriah sebagai konsekuensi penerapan sistem kafalah.

“Hal ini juga dihadapi banyak PMI lainnya yang saat ini ada di shelter KBRI. Kami tetap mendorong agar ada solusi terbaik untuk saudara-saudara PMI kita,” jelas Anggota Fraksi Golkar tersebut.

Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani

Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani

Halaman Selanjutnya

Pun, dia mengatakan pihak Kementerian Luar Negeri atau Kemlu juga dipantau tengah melakukan upaya agar PMI itu bisa sesegera mungkin dipulangkan.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.