Head to Head Ganjar Menang Lawan Anies

by -161 Views
Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

Kamis, 2 Februari 2023 – 22:00 WIB

VIVA Politik – Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memprediksi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan akan masuk dalam putaran kedua Pilpres 2024, jika ada tiga atau empat pasangan capres dan cawapres. 

Pendiri SMRC Prof. Saiful Mujani mengatakan, Ganjar Pranowo diprediksi akan menang melawan Anies pada putaran kedua tersebut, dengan elektabilitas Ganjar sebanyak 52,4 persen, sedangkan Anies 39,5 persen.

“Pada putaran kedua, Ganjar lebih unggul dari Anies,” kata Saiful dalam ‘Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ episode ‘Pilpres Putaran Kedua: Ganjar vs Anies?’, Kamis, 2 Februari 2023.

Saiful Mujani menjelaskan, alasan utama mengapa Ganjar dan Anies yang berpotensi besar masuk putaran kedua karena dalam satu setengah tahun terakhir, Ganjar terus konsisten mendapatkan suara teratas, Prabowo cenderung melemah, dan Anies cenderung menguat. 

Dari survei Mei 2021 sampai Desember 2022, Prabowo cenderung menurun. Dari 34,1 persen pada survei Mei 2021 menjadi 26,1 persen di Desember 2022. Sementara Ganjar cenderung naik dari 25,5 persen menjadi 33,7 persen di periode yang sama. Anies juga cenderung naik walaupun tidak sekuat Ganjar, dari 23,5 persen menjadi 28,1 persen. 

Dalam survei Desember 2022, Ganjar mendapatkan suara 43,3 persen sementara Anies 40,5 persen. Ada 16,2 persen yang belum menentukan pilihan. Saiful menjelaskan bahwa angka 16,2 tersebut belum diketahui akan ke siapa. Karena itu, posisi Ganjar dan Anies di data ini seimbang karena selisihnya di bawah margin of error 3,1 persen.

Halaman Selanjutnya

Namun, Saiful melanjutkan bahwa saat ini pengetahuan masyarakat terhadap Anies jauh lebih besar dibanding terhadap Ganjar. Jika sudah sosialisasi, pengetahuan publik pada kedua nama tersebut akan relatif sama.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.