Fraksi PKS Desak Pemerintah Cabut Izin Grup Lippo Jika Lepas Tanggungjawab soal Meikarta

by -413 Views
Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS, Amin Ak

Rabu, 22 Februari 2023 – 16:29 WIB

VIVA Politik – Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS Amin Ak mendesak Kelompok Usaha Lippo tak lepas tanggung jawab atas kisruh Apartemen Meikarta, Cikarang, Jawa Barat yang banyak merugikan konsumen.

Menurut Amin, sejak awal Meikarta merupakan proyek yang diusung dua perusahaan properti milik grup Lippo, yakni PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) dan PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK). 

PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) yang memiliki proyek itu sepenuhnya merupakan anak usaha dari PT Lippo Cikarang. Sementara PT Lippo Karawaci sendiri menguasai saham PT Lippo Cikarang hingga 54 persen.

“Saya prihatin dengan penolakan Lippo untuk bertanggung jawab atas permasalahan Meikarta yang digugat konsumen, dengan alasan mereka tidak lagi menjadi pemilik saham MSU. Kok kesannya lari dari tanggung jawab,” kata Amin, Selasa, 23 Februari 2023.

Menurut Amin, dilihat dari kronologi permasalahan yang membelit Meikarta sejak awal, wajar jika masyarakat mencurigai ada aksi akrobatik dalam proses penjualan saham MSU oleh PT Lippo Cikarang ke Hasdeen Holding, sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura.

Taman Meikarta

Dari sisi waktu, kata Wakil Rakyat dari Dapil Jawa Timur IV ini, pengalihan saham kepemilikan MSU terjadi setelah lebih dari setahun Lippo, dalam hal ini MSU, mengalami berbagai persoalan serius mulai dari perizinan bermasalah hingga digugat oleh sejumlah vendor maupun kontraktor pelaksana proyek.

Halaman Selanjutnya

Di tengah gugatan bertubi-tubi itu, secara tiba-tiba Lippo Cikarang melepas sahamnya di MSU. Sehingga, wajar jika banyak pihak mencurigai langkah itu sebagai upaya lepas tanggung jawab dari Lippo. 

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.