Elite PDIP Soroti Kemiskinan Ekstrem di Jakarta: Bansos Bukan Jawaban

by -320 Views
Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak

Rabu, 1 Februari 2023 – 15:14 WIB

VIVA Politik – Anggota Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) di DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak menyoroti kasus kemiskinan ekstrem yang melanda di sejumlah kawasan Ibu Kota. Menurutnya, program bantuan sosial (bansos) bukanlah solusi untuk mengatasi permasalahan kemiskinan ekstrem.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta itu menyampaikan, kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI harus diteliti kembali terkait penyaluran bansos yang menyebabkan 95.668 penduduk di Ibu Kota mengalami kemiskinan ekstrem.

“Itu yang mesti diteliti, kenapa bisa? Apakah mereka tidak mendapat KJP? Apakah tidak dapat kartu yang lainnya yang berupa jaring pengaman sosial, bansos bukan jawaban. Emangnya itu bansos datang sekali langsung sehat? Nggak,” kata Gilbert, Rabu 1 Februari 2023.

Menurutnya, bansos tersebut bukan bantuan yang tidak berlanjut. Dia mencotohkan seperti seseorang yang perlu mendapat asupan makanan tiga kali sehari. 

Dia bilang bansos, tak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat yang memiliki pengeluaran per kapitanya di bawah Rp11.633 per hari.

“Karena bansos itu cuma suntikan sekali kayak orang makan sekali kan besok siang lapar lagi. Tapi, kalau dia memiliki jaring pengaman sosial maka dia akan memiliki kesinambungan, nah apakah mereka ini mendapat?” katanya.

Halaman Selanjutnya

Selain itu, Pemprov DKI juga harus meneliti latarbelakang masyarakat atas pendidikan yang ditempuh. Menurutnya, hal itu tak bisa dilakukan secara sederhana.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.