Elektabilitas NasDem Naik Pasca Deklarasi Dukung Anies, PKS-Demokrat Anjlok

by -206 Views
Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Selasa, 21 Februari 2023 – 14:00 WIB

VIVA Politik – Litbang Kompas merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2024. Dalam survei yang dilakukan pada Januari 2023 itu, elektabilitas Partai NasDem mengalami kenaikan. Partai yang dipimpin Surya Paloh itu mendapat raihan elektoral senilai 7,3 persen.

Angka tersebut meningkat 3 persen. Sebab, dalam survei sebelumnya, NasDem hanya memperoleh elektabilitas 4,3 persen. Peningkatan itu terjadi setelah NasDem mendeklarasikan dukungan dan mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024.

Namun, penurunan elektabilitas dialami partai lain yang mengusung Anies, yakni Demokrat dan PKS. Dalam survei terbaru, Demokrat memperoleh elektabilitas 8,7 persen. Jumlah itu turun 5,3 persen dari 14 persen pada survei sebelumnya.

Kemudian penurunan elektabilitas juga dialami PKS dari 6,3 persen menjadi 4,8 persen. Survei Litbang Kompas juga mencatat elektabilitas PDI-P berada di angka 22,9 persen. 

Elektabilitas partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu meningkat 1,8 persen ketimbang survei yang sama pada Oktober 2022.

Kemudian Partai Gerindra memperoleh elektabilitas 14,3 persen. Angka itu menurun 1,9 persen ketimbang jajak pendapat Oktober 2022, yaitu sebesar 16,2 persen.

Halaman Selanjutnya

Selanjutnya ada Partai Golkar memiliki elektabilitas 9 persen, naik 1,9 persen dibandingkan survei sebelumnya, yaitu 7,9 persen.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.