Elektabilitas Nasdem Meroket Gegara Dukung Anies, Surya Paloh Tak Mau Jemawa

by -811 Views
Ketua Umum Nasdem Surya Paloh saat deklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres.

Rabu, 22 Februari 2023 – 19:18 WIB

VIVA Politik – Elektabilitas Partai Nasdem moncer versi hasil survei Litbang Kompas. Nasdem alami kenaikan yang signifikan dalam jajak pendapat yang digelar Litbang Kompas pada Januari 2023.

Dalam survei terbaru Litbang Kompas, elektabilitas Nasdem sebesar 7,3 persen. Angka tersebut alami kenaikan dibandingkan hasil survei yang sama pada periode 24 September-7 Oktober 2022 sebesar 4,3 persen.

Menurut Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, hasil survei tersebut masih bisa berubah lantaran situasi politik Tanah Air masih sangat dinamis.

“Semuanya ini adalah hal yang dinamis dalam suatu progres. Jadi, itu bukan semuanya hari ini, sebagai indikasi hari ini, ya, tapi kan ini panjang perjalanan. Tapi, kami berkewajiban untuk saling berusaha hadir, itu kewajiban,” kata Paloh di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta, Rabu, 22 Februari 2023.

Paloh juga menyerukan agar kader partainya tak lantas jemawa melihat tren positif yang diperoleh Nasdem saat ini. “Nasdem sudah terbiasa surveinya rendah. Naik sedikit baru napas aja, turun lagi,” kata Paloh.

Sebelumnya, Peneliti Senior Litbang Kompas Toto Suryaningtyas menyampaikan dari riset terbaru pihaknya, partai besar dan punya identitas ideologis memiliki basis massa yang tetap. Menurut dia, basis massa itu sudah terbentuk oleh berbagai hal, mulai dari ketokohan, kesukaan terhadap partai.

Halaman Selanjutnya

Dia bilang, basis massa partai besar ini juga diisi oleh swing voter atau pemilih rasional yang dapat berubah pilihan sesuai dengan ide atau gagasan partai.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.