Di Jerman, Airlangga Beberkan Prestasi RI Salah Satu yang Terbaik dalam Penanganan COVID-19

by -2712 Views
Ketum Golkar yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Berlin, Jerman.

Minggu, 16 April 2023 – 03:08 WIB

VIVA Politik – Ketua Umum DPP Golkar yang juga Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan diaspora RI di Berlin, Jerman. Pertemuan itu dilakukan di sela-sela acara pembukaan Hannover Messe 2023.

Dalam pertemuan itu, Airlangga jelaskan kondisi geopolitik global yang mempengaruhi harga energi dunia. Hal itu berimbas terhadap kebijakan RI dalam menyerap kenaikan harga menyangkut bentuk subsisi listrik dan bahan bakar minyak (BBM) mencapai lebih dari Rp500 triliun.

“Inflasi relatif terkendali. pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 dapat tumbuh mencapai 5,3 persen (YoY) atau tertinggi kedua di G20 setelah Arab Saudi,” kata Airlangga, dalam keterangannya, Sabtu malam, 15 April 2023.

Menurut dia, Pemerintah RI secara konsisten berupaya melakukan penguatan kerja sama bilateral guna menunjang pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satunya ikhtiar tersebut dengan Jerman. 

Kata Airlangga, tercatat pada 2022, total perdagangan Indonesia – Jerman mencapai 7,04 miliar dolar AS. Lalu, realisasi investasi Jerman ke Indonesia sebesar 195,5 juta dolar AS.

Ketum Golkar yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Berlin, Jerman.

Ketum Golkar yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Berlin, Jerman.

Pun, ia menyinggung nilai total perdagangan RI dengan Uni Eropa tercatat mencapai 26 miliar dolar AS. Ia akui RI masih tertinggal dari Vietnam yang punya nilai perdagangan dengan Uni Eropa sebesar lebih dari 60 miliar dolar AS. 

Halaman Selanjutnya

“Salah satu yang berperan besar pada tingginya nilai perdagangan bilateral Vietnam dengan Uni Eropa adalah keberadaan perjanjian perdagangan bebas,” jelas eks Menteri Perindustrian tersebut.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.