Ada 3 Tokoh yang Bisa Mengawal Kebangkitan Islam di Tanah Air

by -55 Views
Tokoh aktivis Syahganda Nainggolan.

Sabtu, 28 Januari 2023 – 18:02 WIB

VIVA Politik – Potensi kebangkitan Islam di Tanah Air dinilai tak bisa dihindari ke depan. Kebangkitan itu nanti bisa jadi semangat bangsa Indonesia untuk berubah ke arah kehidupan yang lebih Islami dan berikan ruh kehidupan pada negara.

Demikian disampaikan aktivis yang juga pengamat sosial Syahganda Nainggolan dalam seminar nasional kebangsaan umat Islam di Hotel Pangeran, Padang, Sumatera Barat. Menurut Syahganda, potensi itu bisa terjadi karena ¬†besarnya lapisan “middle class” Islam yang menunjukkan kenyamanan dalam identitas sosial mereka.

Dia pun menyebut setidaknya ada tiga tokoh yang bisa mengawal kebangkitan Islam di Tanah Air. Ketiga tokoh itu Anies Baswedan, Habib Rizieq Shihab dan Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo.

Syahganda menjelaskan argumennya soal ketiga tokoh tersebut. Kata dia, Anies sudah teruji saat memimpin Jakarta, Lalu, eks Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq terlihat dalam komitmennya.

Lalu, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang lama menjabat di lingkungan militer kerap beri penghormatan dan dukungan kepada ulama, serta kemajuan Islam. 

Lebih lanjut, dia menambahkan, sejak Presiden RI pertama Soekarno atau Bung Karno membuat essai “Islamisme, Marxisme dan Nasionalisme” di era kolonial dulu, saat ini hanya Islam yang jadi satu-satunya ajaran kehidupan sesuai Pancasila. Menurut dia, ajaran Islam masih relevan di Indonesia.¬†

Halaman Selanjutnya

“Marxisme-Leninisme telah gagal karena selalu bertentangan dengan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Sedangkan nasionalisme telah gagal karena spiritnya hilang bersama hilangnya ingatan atas era kolonialisme,” jelas Doktor Sosiologi dari UI tersebut.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.